Friday, December 15, 2017

20 Desain Kolam Ikan Aneka Model dan Konsep Terlengkap!



Inilah 20 desain kolam ikan aneka model dan konsep terlengkap! Gaya nomor 7 dan 12 cocok untuk kamu yang suka hal antimainsteam, unik, dan rada nyeleneh!

Memiliki kolam ikan di rumah memberi banyak keuntungan. Mulai dari sarana hiburan untuk menghilangkan kejenuhan, mempercantik tampilan rumah, hingga ikannya yang dapat diolah dan dikonsumsi.
Dalam membangun kolam ikan di rumah diperlukan perencanaan yang baik. Tidak hanya dari segi tampilan kolam namun juga masalah teknis seperti pengairan, saluran pembuangan air, penerangan, dan lain sebagainya.
Berikut 20 desain kolam ikan dengan berbagai konsep yang bisa disesuaikan dengan konsep dan tampilan yang diinginkan :

1. Desain Kolam Ikan Koi

Desain Kolam Ikan Koi
Desain Kolam Ikan Koi
Model desain kolam ikan koi sederhana dalam rumah minimalis memang cukup banyak diminati. Karena Salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara adalah ikan koi yang terkenal dengan keindahan warnanya. Meskipun ikan ini bisa dipelihara di dalam aquarium namun jumlah ikan yang bisa dipelihara sangat terbatas.
Jika anda ingin memelihara ikan koi dalam jumlah lebih banyak sekaligus memberikan mereka tempat lebih luas untuk bermain maka kolam ikan adalah pilihan yang tepat. Kolam ikan koi dapat dibangun di mana saja di sekitar rumah baik di halaman, teras, bahkan di dalam rumah.
Agar kita bisa menikmati keindahannya gunakan kaca tebal tembus pandang seperti pada contoh desain di atas. Selain itu jangan lupa untuk menjaga kebersihan air sehinga air tidak menjadi keruh dan kotor.

2. Desain Kolam Ikan Nila

Desain Kolam Ikan Nila
Desain Kolam Ikan Nila
Desain kolam ikan model mungil terbaru untuk di rumah dilengkapi dengan pancuran diatas cocok untuk ikan nila. Karena jenis ikan lain yang juga banyak dipelihara adalah ikan nila. Pemeliharaan ikan ini biasanya ditujukan untuk budidaya karena rasa dagingnya yang enak dan disukai oleh banyak orang meskipun ada juga pemeliharaan ikan nila yang ditujukan sebagai ikan hias.
Ikan nila termasuk ikan yang mudah dalam pemeliharaannya karena dapat hidup di berbagai media seperti kolam beton, kolam tanah, bahkan kolam terpal. Anda bisa memilih jenis kolamnya sesuai tujuan pemeliharaan dan luas lahan yang dimiliki.
Kolam ikan nila sebaiknya dibuat berbentuk persegi panjang sehingga anda dapat menyebarkan pakan secara merata. Untuk menambah keindahan kolam anda dapat menanam beberapa jenis tanaman di sekitar kolam.

3. Desain Model Kolam Ikan Lele

Desain Kolam Ikan Lele
Desain Kolam Ikan Lele

Konstruksi model kolam ikan dengan desain air mancur di rumah cocok juga untuk ikan lele. Ikan lele juga banyak dipelihara untuk tujuan budidaya karena besarnya minat konsumen pada ikan jenis ini. Ikan ini cenderung mudah dibudidayakan serta dapat dipelihara di berbagai jenis kolam.
Salah satunya kolam terpal yang biaya pembuatan dan perawatannya lebih murah. Untuk dinding kolam anda bisa menggunakan bambu, kayu, atau batu bata yang dibentuk menjadi dinding kolam. Kemudian tinggal memasang terpal dan kolam ikan pun siap digunakan.
Kolam ikan lele juga tidak harus besar dan luas sehingga bisa dibangun di sekitar halaman rumah yang tidak terlalu luas. Yang penting sesuikan luas kolam dengan jumlah ikan yang dapat ditampung.

4. Desain Kolam Ikan Mas

Desain Kolam Ikan Mas
Desain Kolam Ikan Mas

Selain rasanya enak ikan mas juga memiliki warna tubuh yang indah terutama jenis ikan mas hias. Oleh karena itu ikan ini juga banyak dipelihara di rumah-rumah untuk mempercantik halaman dan menyegarkan suasana.
Kolam ikan mas dapat dibangun dalam berbagai bentuk sesuai selera dan luas area yang tersedia. Untuk dinding pelapis kolam bisa menggunakan beton biasa, lapisan batu alam, atau ditambahkan bebatuan asli untuk menambah kesan alami.
Tambahkan pula beberapa tanaman atau rumput pendek di sekitar kolam untuk mempercantik pemandangan rumah.

5. Desain Kolam Ikan Gurame


Desain Kolam Ikan Gurame
Desain Kolam Ikan Gurame

Ikan gurame terkenal akan rasa dagingnya yang enak sehingga lebih banyak dipelihara untuk tujuan konsumsi. Meskipun ada juga ikan gurame yang dijadikan sebagai ikan hias.
Ikan ini harganya cukup mahal sehingga sebagian orang memilih untuk memeliharanya di rumah sehingga bisa langsung ditangkap dan dimasak ketika sudah besar. Meski sisa lahan di rumah tidak luas anda dapat membangun kolam ikan gurame sesuai luas lahan yang tersisa.
Kolam bisa dibuat di bagian belakang atau samping rumah. Yang paling penting adalah kecukupan sinar matahari dan pemeliharan kolam sehingga kolam terjaga kebersihannya dan ikan dapat tumbuh dengan baik.

6. Desain Kolam Ikan Mini sebagai Model Kolam Ikan Hias Kecil

Desain Kolam Ikan Mini sebagai Model Kolam Ikan Hias Kecil
Desain Kolam Ikan Mini sebagai Model Kolam Ikan Hias Kecil

Desain kolam ikan mini sebagai model kolam ikan hias kecil yang terletak di depan rumah minimalis banyak diminati. Kolam ikan hias dapat dibuat dalam berbagai ukuran bahkan mini sekalipun. Yang penting disesuaikan antara luas kolam dengan jumlah ikan sehingga ikan dapat hidup dengan nyaman.
Contohnya model kolam ikan pada gambar di atas dimana kolam dibuat dengan bentuk persegi berukuran cukup kecil. Dinding kolam bagian depan dibuat dengan kaca tembus pandang sehingga memudahkan kita menikmati keindahan ikan hingga ke dasar kolam.
Tambahan aksen air mancur juga semakin mempercantik tampilan kolam. Tambahkan juga bebatuan dan tanaman di sekitar kolam untuk menambah asri suasana.

7. Desain Air Terjun Kolam Ikan

Desain Air Terjun Kolam Ikan
Desain Air Terjun Kolam Ikan

Aksen air terjun pada kolam ikan tidak hanya berfungsi untuk mempercantik kolam namun juga untuk sirkulasi air sehingga air dapat terus berganti serta terjaga kebersihan dan kejernihannya.
Air terjun ini dapat dibuat dengan berbagai model salah satunya model berundak atau bertingkat seperti pada gambar di atas. Tambahkan pula lampu di dinding kolam sehingga kolam ikan terlihat semakin cantik dan indah pada malam hari.

8. Desain Kolam Ikan Dalam Rumah

Desain Kolam Ikan Dalam Rumah
Desain Kolam Ikan Dalam Rumah

Model desain kolam ikan dalam rumah minimalis di halaman cocok untuk ikan koi, ikan mas, dan ikan hias lainnya. Selain di halaman atau pekarangan kolam ikan juga banyak dibangun di dalam rumah sehingga suasana alami semakin terasa. Apalagi mendengar gemericik air di dalam rumah sangat meneduhkan suasana rumah.
Kolam dapat dibangun di bawah tangga seperti yang terlihat pada gambar. Kemudian tambahkan juga beberapa tanaman yang ditempel di dinding serta air terjun kecil sehingga kolam tampak asri dan alami.
Yang perlu diperhatikan adalah pengaturan sirkulasi air dan batas air agar air tidak melimpah dan meluber ke lantai rumah. Selain itu kebersihan kolam wajib dijaga sehingga tidak menimbulkan bau di dalam rumah serta menjadi tempat bersarangnya kuman.

9. Model Desain Kolam Ikan di Teras Rumah

Model Desain Kolam Ikan di Teras Rumah
Model Desain Kolam Ikan di Teras Rumah

Lahan antara teras dan halaman rumah dapat dimanfaatkan untuk membuat kolam ikan kecil sehingga anda atau tamu yang duduk di teras dapat menikmati keindahan kolam. Kolam ini dapat diisi berbagai jenis ikan hias dengan bentuk dan warnanya yang cantik.
Anda dapat membuat aksen air mancur sehingga menambah kesan natural kolam. Tambahkan juga jembatan kecil di atas kolam yang menghubungkan teras dengan halaman rumah.

10. Model Kolam Ikan Depan Rumah

Model Kolam Ikan Depan Rumah
Model Kolam Ikan Depan Rumah
Desain model kolam ikan hias di halaman depan rumah dengan desain minimalis dapat mempercantik ruangan. Kolam ikan di halaman depan rumah tidak hanya mempercantik halaman namun juga menjadi hiburan bagi tamu yang datang. Tamu dapat menikmati keindahan kolam selagi duduk dan berbincang dengan tuan rumah.
Karena dibangun di depan rumah tentu segi estetikanya juga harus diperhatikan. Seperti menambahkan aksen air terjun atau air mancur serta lampu sorot sehingga kolam terlihat semakin cantik pada alam hari.

11. Desain Kolam Ikan Belakang Rumah

Desain Kolam Ikan Belakang Rumah
Desain Kolam Ikan Belakang Rumah

Sisa lahan di bagian belakang rumah sering dimanfaatkan untuk membuat teras, taman, kolam renang, atau dibuat desain kolam ikan belakang rumah yang dipadukan dengan taman minimalis. Ini ditujukan sebagai sarana rekreasi di rumah untuk melepas kepenatan dan sebagai tempat kumpul keluarga.
Kolam dapat didesain dengan beragam bentuk tidak melulu lingkaran atau persegi panjang. Selain itu tambahkan juga berbagai aksesoris seperti air mancur, air terjun, bebatuan, tanaman hias, atau jembatan kecil.

12. Desain Kolam Ikan di Bawah Tangga

Desain Kolam Ikan di Bawah Tangga
Desain Kolam Ikan di Bawah Tangga

Sisa ruang di bawah tangga sering tidak terpakai karena lokasinya yang tidak simetris dan tersembunyi. Untuk itu anda bisa mengkreasikannya dengan membuat kolam ikan sehingga setiap sisi rumah bisa dimanfaaatkan semaksimal mungkin.
Kolam ikan ini tidak perlu besar, cukup sebesar ruang yang tersedia. Untuk mempercantik kolam anda dapat menambahkan tanaman dan bebatuan di sekitar kolam.

13. Model Desain Rumah Gazebo di Atas Kolam Ikan

Model Desain Rumah Gazebo di Atas Kolam Ikan
Model Desain Rumah Gazebo di Atas Kolam Ikan

Untuk menikmati keindahan kolam dan suasana di sekitarnya anda juga dapat menambahkan gazebo, semacam bangunan kecil dan sederhana yang terpisah dari bangunan utama. Gazebo bisa dibangun di pinggir atau tengah kolam.
Jika dibangun di tengah kolam tambahkan jembatan yang menghubungkan gazebo dengan pinggir kolam. Gazebo ini dapat dibangun dari bahan kayu atau bahan lainnya serta diberi atap sehingga penggunanya tidak merasa kepanasan atau kehujanan.
Sambil beristirahat di gazebo anda dapat menikmati keindahan kolam sekaligus sesekali memberi makan ikan.

14. Model Taman Kolam Ikan Minimalis

Model Taman Kolam Ikan Minimalis
Model Taman Kolam Ikan Minimalis

Perpaduan kolam ikan dan taman merupakan kombinasi yang tepat untuk menghasilkan pemandangan indah di halaman rumah apalagi dengan desain kolam ikan dan model taman mungil minimalis baik di belakang atau di depan rumah. Apalagi jika dirancang dengan konsep minimalis sehingga taman dan kolam terlihat cantik dan modern.
Tambahkan juga air terjun bertingkat lengkap dengan bebatuannya sehingga terlihat lebih natural. Disekitar jalan antara kolam dan taman juga dapat ditutupi dengan kerikil-kerikil kecil yang menambah keindahan taman dan kolam.

15. Desain Kolam Ikan Minimalis

Desain Kolam Ikan Minimalis
Desain Kolam Ikan Minimalis

Bagi penyuka konsep minimalis gambar di atas dapat menjadi contoh model kolam ikan desain minimalis modern misal diisi ikan koi yang cocok dibuat di dalam rumah, depan rumah, maupun belakang rumah dan lebih cantik apabila dipadukan dengan taman hias. Dengan menerapkan konsep garis lurus dan sederhana kolam ikan tersebut terlihat cantik dan modern.
Tambahan 2 air terjun menimbulkan gemericik air yang menambah asri suasana. Di kanan kiri kolam anda juga bisa menambahkan tanaman hijau untuk menyegarkan suasana. Bisa juga ditambahkan ornamen kayu seperti yang terlihat pada gambar.
Untuk memisahkan tepian kolam dengan lantai rumah digunakan bebatuan kecil di sekitar kolam. Anda juga bisa menambahkan lampu hias di beberapa titik sehingga kolam terlihat semakin cantik di malam hari.

16. Desain Kolam Ikan Minimalis Modern

Desain Kolam Ikan Minimalis Modern
Desain Kolam Ikan Minimalis Modern

Meskipun kolam ikan identik dengan alam dan pedesaan namun dengan desain yang tepat kolam ikan juga cocok disandingkan dengan rumah modern. Seperti pada gambar di atas dimana bentuk kolam dibuat persegi simetris dengan dinding beton dan dicat dengan warna netral yaitu abu-abu dan hitam.
Untuk menghijaukan suasana di sekitar kolam ditanami dengan beberapa tanaman hias berwarna hijau serta rumput hijau menutupi tanah. Tidak lupa pula di atas rumput di susun acak ubin-ubin simetris untuk memberi sentuhan modern dan unik.

17. Desain Kolam Ikan Sederhana

Desain Kolam Ikan Sederhana
Desain Kolam Ikan Sederhana

Banyak orang membayangkan bahwa membuat desain kolam ikan koi model sederhana di rumah memubutuhkan biaya yang mahal. Sebenarnya tidaklah demikian, dengan biaya murah pun kita bisa membangun sebuah kolam ikan yang indah dan menarik.
Salah satunya dengan menggunakan plastik atau terpal. Caranya dengan menggali tanah sebagai kolam sesuai kedalaman dan lebar yang diinginkan. Kemudian pasang terpal atau plastik menutupi lubang galian.
Selanjutnya bersihkan kolam dan isi dengan air. Dan ikan pun bisa langsung dimasukkan ke dalam kolam terpal tersebut. Untuk mempercantik anda dapat menambahkan tanamaan di sekitar kolam dan air terjun buatan dari selang atau pipa yang diarahkan ke dalam kolam.

18. Desain Kolam Ikan Batu Alam

Desain Kolam Ikan Batu Alam
Desain Kolam Ikan Batu Alam

Kolam ikan dengan bebatuan alam merupakan kombinasi yang pas untuk menyejukkan suasana. Oleh karena itu banyak orang yang merancang kolam ikannya dengan tambahan batuan alam sebagai hiasan.
Anda dapat menggunakan batu alam berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga besar. Batu alam juga dapat ditaruh begitu saja atau dicampurkan dalam adukan semen dinding kolam. Jika anda kesulitan mendapatkan batu alam asli maka batu alam buatan juga dapat menjadi pilihan.

19. Desain Kolam Ikan Beton

Desain Kolam Ikan Beton
Desain Kolam Ikan Beton

Kebanyak kolam ikan dibuat dari bahan beton sehingga lebih kuat dan tahan lama. Selain itu proses pembersihan atau perawatannya juga lebih mudah dan murah.
Kolam ikan beton dapat dibentuk sesuai selera serta ditambahkan penerangan baik di tepi maupun dasar kolam. Karena bersifat permanen sebaiknya rencanakan pembangunan kolam dengan rapi terlebih dahulu sehingga meminimalisir perubahan yang mengakibatkan kerugian.

20. Desain Kolam Pemancingan Ikan

Desain Kolam Pemancingan Ikan
Desain Kolam Pemancingan Ikan

Usaha kolam pemancingan ikan merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan karena minimnya lokasi memancing yang nyaman terutama di daerah perkotaan. Kolam pemancingan ikan ini biasanya berukuran besar dan luas dan di tepi kolam disediakan tempat bagi para pemancing.
Untuk memberi kenyaman dapat dibangun saung atau pondok kecil lengkap dengan atapnya di sekitar kolam sehingga para pemancing merasa nyaman dan terlindung baik dari panas maupun hujan.
Selain itu anda juga dapat menanam tumbuhan atau pohon di sekitar kolam pemancingan ikan untuk menambah asri dan adem suasana.
Ya, itulah diantara desain berbagai jenis kolam ikan mulai dari kolam ikan pribadi hingga kolam ikan umum. Semuanya bisa anda tiru dan modifikasi sesuai selera sehingga dapat mempercantik halaman dan rumah anda serta menyegarkan suasana.

Sekian 20 Desain Kolam Ikan Aneka Model dan Konsep Terlengkap!, semoga bermanfaat untuk inspirasi mendesain ruangan anda. Jangan lupa share link artikel ini di sosial media anda siapa tahu ada yang membutuhkan. Bagikan pendapat anda mengenai artikel ini di kolom komentar ya, terima kasih  atas share dan komentarnya.
Jangan lupa berkunjung ke untuk mendapatkan berbagai ide dekorasi ruangan yang lebih banyak dan tentu lebih inspiratif. Selamat berkunjung.

20 Desain Kolam Ikan Aneka Model dan Konsep Terlengkap! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment